Tuesday, August 15, 2017

Beberapa Penyebab Kaligata Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

Kaligata merupakan ruam merah pada kulit yang timbul secara tiba-tiba, biasanya kaligata memiliki ukuran dan juga bentuk ruam yang bermacam-macam, selain ruang pada kulit dan berwarna kemerahan kaligata juga menyebabkan seseorang merasa gatal-gatal. Dalam dunia kedokteran kaligata lebih dikenal dengan urtikaria.


Ruam yang terjadi pada penderita kaligata dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan tertentu. Namun untuk mendapatkan kesembuhan yang cepat Anda dapat mengobatinya dengan pergi ke dokter dan meminta obat. Ruang yang terjadi pada penderita kaligata dapat bermacam-macam ukurannya.

Kaligata bukan merupakan penyakit yang langka, setidaknya seseorang akan mengalami kaligata sekali dalam seumur hidup dan kaligata akan muncul pad bagian tubuh mana saja baik wajah, punggung, lidah, telinga, kelpak mata, dan juga kerongkongan.

Meskipun begitu kemungkinan besar seseorang akan mengalami kaligata satu kali seumur hidup namun dengan mengetahui penyebab-penyebab yang menyebabkan munculnya kaligata Anda dapat menghindari terjadinya kaligata pada tubuh anda.

Maka dari itu kita harus mengetahui apa saja penyebab-penyebab yang akan menyebabkan kaligata timbul, diantaranya sebagai berikut :

  •  Keringat berlebih
Keringat yang berlebih dapat menjadi salah satu pemicu kotoran menempel pada kulit dan menyebabkan kulit teriritasi. Selain itu kotoran akan mudah menempel pada kulit yang berkeringat. Untuk menghindarinya maka segera bersihkan tubuh anda ketika anda telah melakukan kegiatan fisik sehingga mengeluarkan keringat yang berlebih.
  • Suhu yang dingin
Suhu yang dingin juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kaligata pada kulit. Namun kita dapat mencegah terjadinya kaligata pada kulit ketika suhu dingin. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan kita agar bakteri dan kuman tidak berkembang biak. Dengan begitu maka kita dapat terhindar dari penyakit Kaligata.
  • Paparan sinar ultraviolet
Paparan sinar ultraviolet dapat menjadikan kulit menjadi terinfeksi. Untuk itu agar dapat terhindar dari paparan sinar ultraviolet gunakanlah pelembab yang dapat melindungi kulit anda dari paparan langsung sinar ultraviolet atau gunakanlah pakaian yang menutupi tubuh.
  •  Bulu hewan yang rontok
Bulu hewan yang rontok seperti bulu kucing dapat menyebabkan seseorang terkena alergi. Bagi mereka yang memiliki kulit yang sensitif akan mudah terkena alergi jika terdapat bulu hewan di kulitnya. Alergi tersebut menyebabkan rasa gatal pada kulit dan jika tidak segera diobati dapat menyebabkan ruam pada kulit. 

Jika hal ini dibiarkan maka seseorang dapat dengan mudah terkena penyakit kaligata. Untuk itu bagi Anda yang memiliki kulit sensitif hindari terkena bulu bulu hewan yang akan menyebabkan kulit iritasi. Karena ketika kulit anda teriritasi maka akan dengan mudahnya bakteri atau virus virus tertentu masuk ke dalam kulit anda dan menyebabkan terjadinya kaligata.
  •  Infeksi
Salah satu penyebab terjadinya kaligata adalah ketika seseorang terkena infeksi, biasanya seseorang yang terkena infeksi pada kulit akan menimbulkan gejala seperti gejala yang dirasakan oleh seseorang yang terkena kaligata. Misalnya terjadi ruam pada kulit, kulit terasa gatal,dll.

Agar terhindar dari infeksi maka perhatikanlah kebersihan pada diri anda dan juga lingkungan. Karena hal ini disebabkan karena infeksi pada kulit dapat terjadi karena adanya bakteri atau virus yang menempel di kulit danberkembang biak baik pada kulit sehingga menimbulkan kulit gatal.  Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan terjadinya penyakit kaligata.
  • Penyakit Lupus
Salah satu penyebab terjadinya kaligata adalah seseorang yang terkena kaligata mengidam penyakit lain misalnya penyakit lupus. Ketika seseorang mengidap penyakit Lupus untuk menyembuhkan penyakit kaligata ini adalah dengan pengobatan penyakit Lupus.

Agar anda dapat terhindar dari penyakit kaligata maka hindarilah hal-hal apa saja yang menyebabkan penyakit Lupus. Banyak penyebab lupus yang harus dihindari dan banyak pula gejala lupus yang harus diketahui, agar tidak teserang lupus.

Itulah beberapa penyebab kaligata yang sering terjadi, agar anda dapat terhindar dari penyakit kaligata maka hindarilah hal hal yang dapat menyebabkan kaligata itu terjadi dan selain itu jagalah kebersihan tubuh anda dan jagalah kesehatan tubuh anda agar tidak mudah terserang penyakit apapun.

No comments:

Post a Comment

Beberapa Penyebab Kaligata Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

Kaligata merupakan ruam merah pada kulit yang timbul secara tiba-tiba, biasanya kaligata memiliki ukuran dan juga bentuk ruam yang bermaca...