Tuesday, August 15, 2017

Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Biduran

Biduran berbentuk seperti kulit yang mengembang pada beberapa sisi dan menyebabkan rasa gatal yang sangat buruk. Bulatan-bulatan merah akan menyebabkan rasa gatal, panas dan kurang nyaman. Biasanya biduran akan hilang dalam beberapa jam atau butuh waktu yang lebih lama lagi. Biduran bisa muncul di tangan, kaki, wajah dan semua bagian tubuh.


Penyebab Biduran

Biduran menyebabkan rasa tidak nyaman dan untuk anak kecil sering menjadi lebih rewel dari biasanya. Reaksi alergi menjadi pemicu biduran, namun sebenarnya ada beberapa penyebab lain. Berikut ini adalah beberapa penyebab biduran, diantaranya sebagai berikut :

  • Pengaruh perubahan cuaca
Biduran juga bisa terjadi akibat pengaruh dari perubahan cuaca yang memiliki tekanan dan perubahan tinggi. Beberapa penderita biduran bisa kambuh ketika masuk ke daerah dengan cuaca yang sangat panas atau terlalu dingin. 

Tubuh memeriksa reaksi yang lebih kuat sehingga menjadi biduran. Biduran seperti ini biasanya akan hilang sendiri dan waktu sembuh hingga empat jam, jika lebih dari empat jam tidak sembuh maka harus periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat.
  • Pengaruh Bahan Pewarna Makanan
Beberapa orang juga bisa terkena biduran setelah mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pewarna makanan. Bahan pewarna makanan mengandung bahan kimia khusus yang memang bisa menyebabkan reaksi alergi. Dan kondisi ini sangat sering terjadi pada anak anak yang memang tidak bisa menerima makanan dengan banyak bahan tambahan.
  • Pengaruh Bahan Pengawet
Bahan pengawet yang sering menjadi bahan tambahan untuk maknan seperti produk olahan daging, minuman dan snack juga bisa menyebabkan alergi. Bahan pengawet yang membentuk reaksi pada bahan makanan itu sendiri juga bisa menyebabkan resiko masalah kesehatan ini.
  • Alergi Makanan Tertentu
Biduran juga bisa terjadi akibat tubuh tidak bisa menerima jenis makanan tertentu. Makanan pemicu biduran yang paling sering terjadi adalah seperti ikan laut, kerang, keju, dan telur. Konsisi ini biasanya sudah bisa terjadi sejak kecil dan bisa di deteksi dngan cara tes alergi.

makanan ini menyebabkan reaksi alergi yang berlebihan karena senyawa tertentu yang tidak bisa silawan oleh sel darah putih dalam tubuh.
  • Pengaruh Protein Dalam Tubuh
Setiap orang memiliki antibodi yang bekerja untuk melawan virus atau bakteri dalam tubuh. Ketika antibodi bekerja untuk tubuh maka akan menghasilkan histamin. Beberapa orang memang tidak bisa menerima histamin kemudian akan menyebabkan reaksi biduran. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tubuh biduran dan biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh.

Cara Mengobati Biduran

Biduran biasanya akan muncul dan kemudian sembuh sendiri. Namun pada kasus tertentu memang membutuhkan perawatan dokter. Berikut ini adalah dasar pengobatan untuk biduran yang bisa dilakukan secara medis maupun perawatan rumah.
  • Penderita biduran yang memang sensitif dengan obat yang mengandung aspirin harus menghindari makanan yang mengandung asam terlalu tinggi.
  • Penderita biduran yang sensitif terhadap aspirin sebaiknya juga tidak mengkonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman yang mengandung bahan tambahan makanan seperti bahan pengawet maupun bahan perasa makanan.
  • Pemberian obat antihistamin bisa diberikan oleh dokter untuk mengatasi gejala biduran dan mengontrol kondisi biduran agar tidak terlalu parah.
  • Menjauhi semua jenis pemicu biduran baik dari makanan, minuman dan kondisi cuaca. Hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah mengetahui apa saja penyebab biduran yang paling sering terjadi.
  • Biduran yang bertahan lebih dari 24 jam harus segera mendapatkan perawatan dokter untuk mencegah reaksi keracunan atau kondisi yang lebih buruk.
Biduran merupakan reaksi alergi yang umum dan sering terjadi, banyak orang yang terkena biduran tanpa penyebab yang jelas dan sembuh sendiri tanpa obat. Namun untuk orang yang terkena biduran karena alergi memang membutuhkan perawatan yang lebih baik dari medis.

No comments:

Post a Comment

Beberapa Penyebab Kaligata Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

Kaligata merupakan ruam merah pada kulit yang timbul secara tiba-tiba, biasanya kaligata memiliki ukuran dan juga bentuk ruam yang bermaca...