Monday, August 14, 2017

Cara Mengatasi Jerawat Membandel Pada Wajah

Jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Biasanya bintik-bintik yang tergolong parah tersebut akan meninggalkan bekas luka.


Selain ditandai dengan gejala gejala seperti kulit berminyak dan munculnya bintik-bintik, kadang-kadang jerawat juga menyebabkan kulit terasa panas dan sakit saat disentuh. Ada beberapa bagian pada tubuh yang biasa ditumbuhi jerawat dan yang paling umum adalah wajah. Jerawat merupakan kondisi yang umum, artinya sebagian besar orang pernah mengalaminya.Sebagian besar kasus jerawat terjadi pada seseorang yang berusia di bawah 28 tahun. Terutama bagi remaja, mereka sangat rentan terkena jerawat pada usia 14-19 tahun.

Meskipun jerawat dapat menghilang dengan sendirinya seiring pertumbuhan usia, namun pada sebagian kasus, masih ada yang mengalami masalah jerawat di pertengahan usia 20-an. Wanita usia 20-an tahun lima kali lebih berisiko mengalami hal tersebut dibandingkan pria usia 20-an tahun.

Penyebab Jerawat

Penyebab uatama jerawat tentu keadaan pori pori yang tersumbat sehingga kulit tidak bernapas dan akhirnya muncum peradangan yang menyebabkan muncul benjolan yang kadang hingga bernanah. Jika telah sudah muncul nanah kita harus segera bertindak agar masalah tersebut cepat teratasi. Ada banyak faktor lain yang menyebabkan kulit menjadi berjerawat dan berikut penyebab kulit berjerawat.
  • Keadaan kulit yang jarang dibersihkan
  • Sering menyentuh wajah
  • Keturunan
  • Kosmetik
  • Tidak membersihkan make-up
  • Hormon
  • Gaya hidup tak sehat
  • Kulit wajag bermninyak dan kusam
  • Makanan Alergi
Cara Mengatasi Jerawat 
  • Bawang Putih
Bawang putih merupakan cara alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Bawang putih dapat mengatasi jerawat hanya dalam semalam, dan ini juga sering saya gunakan untuk mengatasi jerawat. Cara penggunaannya sangat mudah sekali, yaitu tumbuk bawang putih kemudian tempelkan pada kulit anda yag berjerawat semalama 1 malam, atau anda bisa menggosokan bawang putih pada jerawat anda sebelum tidur dan diamkan selama semalam. Cuci bersih dipagi harinya dan jerawat akan mengering dipagi hari tersebut.
  • Jeruk Nipis
Jeruk nipi juga bahan alami yang murah meriah yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Jeruk nipis memang sering digunakan untuk perawatan  kulit serta mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat. Caranya sangat mudah sekali. Peras buah jeruk nipis kemudian anda oleskan pada kulit anda yang berjerawat, anda bisa mencampurnya dengan madu, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.
  • Madu
Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah. Madu memliki sejuta khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, oleh sebab itu madu sering disebut dengan cairan ajaib. Nah untuk menghilangkan jerawat dengan madu sangat mudah sekali, caranya anda siapkan madu murni, kemudian anda oleskan pada kulit anda, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Perawatan dengan madu juga dapat membuat kulit menjadi cerah, kenyal, cantik alami.
  • Es Batu
Es batu berguna untuk mendinginkan minuman, namun siapa sangka jika es batu juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Ya es batu dapat menghilangkan jerawat, bahkan jerawat membandel sekalipun dapat diatasi dengan menggunakan es batu. Caranya sangatlah mudah yaitu bungkus es batu dengan kain bersih lalu anda tempelkan pada kulit yang berjerawat selama beberapa detik atau menit dan ulangi hingga 10-20 kali sampai jerawat sembut. Es batu juga akan mengecilkan serta membersihkan pori-pori kulit dari kotoran.
  • Baking Soda
Baking soda biasa digunakan ibu-ibu untuk pembuatan kue, namun baking soda juga dapat kita gunakan untuk menghilangkan jerawat. Baking soda sudah banyak digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya campurkan baking soda dengan garam laut dan air hingga menjadi pasta, oleskan pada jerawat anda selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.
  • Putih Telur
Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan putih telur. Putih telur sering digunakan para wanita sebagai masker kulit wajah untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah serta menghilangkan keriput atau kerutan pada kulit wajah. Namun tidak hanya itu saja, masalah jerawatpun dapat diatasi dengan putih telur. Caranya sangat mudah sekali, yaitu oleskan putih telur pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit atau hingga terasa kaku, baru anda bilas dengan air hangat.

No comments:

Post a Comment

Beberapa Penyebab Kaligata Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

Kaligata merupakan ruam merah pada kulit yang timbul secara tiba-tiba, biasanya kaligata memiliki ukuran dan juga bentuk ruam yang bermaca...